Catut Nama NU Pada Undangan Aksi 212, PBNU: Hati-Hati Ada Pidananya

adsense 336x280 Undangan Aksi 212 Catut NU, PBNU: Ada Implikasi Pidananya
Jakarta - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Hukum Robikin Emhas mengingatkan penyelenggara Aksi 212 untuk tidak mencatut nama tokoh atau organisasi massa Islam Nahdlatul Ulama tanpa konfirmasi. Hal itu ditegaskannya mengingat telah tersebar beberapa meme dan broadcast undangan berlabel Aksi Bela Islam 212 Jilid 2, yang mencantumkan nama KH Ma'ruf Amin di urutan pertama tokoh yang akan hadir.

"Kami mengingatkan saja, mencatut nama tokoh atau ormas tanpa konfirmasi yang cenderung memanfaatkan itu juga ada implikasi pidananya. Yang begini sebaiknya dihentikan," kata Robikin Emhas di Jakarta, Senin 20 Februari 2017.

Ia mengaku telah mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut dan ternyata Kiai Ma'ruf Amin tidak tahu menahu kegiatan tersebut. "Saya ingin sampaikan klarifikasi bahwa Kiai Ma'ruf sebagai Ketua Umum MUI, lebih-lebih sebagai Rais Aam PBNU, tidak tahu menahu dan tidak hadir dalam aksi tersebut," tutur dia.


Robikin berharap siapa pun inisiator dan penyelenggara aksi 212 Jilid 2 agar tidak menggunakan nama KH Ma'ruf Amin sebagai penarik massa. Dia juga minta agar tidak ada pencatutan nama NU.

"Saya minta agar nama NU tidak dicatut karena Pengurus Besar Nahdlatul Ulama juga tidak tahu menahu aksi tersebut," kata alumnus Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang yang juga advokat ini.


Sebelumnya, Forum Umat Islam (FUI) yang menginisiasi aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI pada Selasa, 21 Februari 2017 ini. Menurut Sekretaris Jenderal FUI Muhammad Al Khaththath mengatakan, perwakilan massa aksi 212 akan menemui Komisi Hukum DPR. Mereka akan menyampaikan aspirasinya agar Kepolisian menghentikan proses hukum terhadap Rizieq Syihab, Bachtiar Nasir, dan Munarman.

"Semua bentuk kriminalisasi ulama kami minta dihentikan," kata Al Khaththath di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 20 Februari 2017.

Terkait soal poster undangan aksi dengan gambar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan sejumlah tokoh pun telah dibantah oleh FUI. Koordinator lapangan Aksi 212, Bernard Abdul Jabbar mengatakan FUI tidak pernah membuat poster undangan. FUI juga tak pernah mengundang Panglima TNI untuk berpartisipasi dalam aksi besok.

"Itu hoax, kami tidak mengundang TNI," tutur Bernard. "Kami tidak tahu dari mana datangnya. Itu hoax, itu berita tidak benar." (TEMPO.CO,) adsense 336x280

0 Response to "Catut Nama NU Pada Undangan Aksi 212, PBNU: Hati-Hati Ada Pidananya"

Posting Komentar

pesan