adsense 336x280
Jepang : gambar bangunan rumah terendam, perahu beralasan dan puing-puing pembakaran yang tersebar di seluruh pantai utara setelah gempa bumi bangsa terkuatpada catatan memicu tsunami yang menewaskan ratusan orang.
Perdana Menteri Naoto Kan berusaha meredakan kekhawatiran tentang sepasang reaktor nuklir yang memiliki gangguan listrik setelah gempa berkekuatan 8,9 terjadi pada pukul 02:46 waktu setempat Jumat. Sebelum naik helikopter di sekitar 06:00Sabtu, Kan mengatakan kepada wartawan ia berencana untuk tur situs di Fukushima,210 kilometer (130 mil) utara Tokyo, dan berunding dengan insinyur. Orang dalam 10kilometer dari fasilitas Tokyo Electric Power Co diperintahkan untuk mengevakuasisebelum utilitas gas radioaktif dibuang karena meningkatnya tekanan.

"Aku akan berbicara dengan orang yang bertanggung jawab dan membuat keputusan apa pun yang perlu dibuat," kata Kan.

Gempa, yang menutup bandara dan kereta api di Tokyo, meninggalkan jutaanpenumpang terlantar, menewaskan hampir 500 dan kiri lebih dari 1.000 hilang, menurutBadan Kepolisian Nasional. Itu adalah gempa terkuat di dunia sejak gempa pada bulan Desember 2004 di Indonesia yang menewaskan sekitar 220.000 orang tewas atauhilang di 12 negara sekitar Samudera Hindia.

Ada 109 gempa susulan sejak gempa kemarin, US Geological Survey mengatakan.Lebih dari selusin gempa susulan lebih besar dari magnitudo 6 telah mengguncangwilayah tersebut, kata Dave Applegate, penasihat senior di USGS, kepada wartawanpada panggilan konferensi.


adsense 336x280

0 Response to "Korban Tewas Jepang Mendekati 500 0rang, Gas radioaktif dilepaskan dari reaktor"

Posting Komentar

pesan